Rabu, 30 April 2008

udah mu masuk musim kemarau, tapi ujan masi aja menggila . Tadi pas pulang, mau turun dari damri, genangan air dimana-mana . Nyaris banjir intinya mah .

………..

okai, gue bukan mo jadi forecaster kok . It’s just an intermezzo .

Hmm, adik-adik kelas kita baru beres UAN tuh ya . Congrats, semoga hasilnya bagus . Amin .

Tapi ada satu hal yang bikin gue heran selama ini : KENAPA SETIAP TIBA WAKTU PELAKSANAAN UAN, SELALU ADA KEHEBOHAN ???

Ada yang demo minta dihapus lah, ada yang bilang pemerintah nggak mikir lah, si anu yang pinter nggak lulus tapi yang bego lulus, kepsek yang nyuri lembar soal lah .. and sooo on .
Eneg gue dengernya . Muak semuak-muaknya . What’s wrong with you guys ??

Sebagai mantan pelajar yang pernah ngalamin itu yang namanya UAN, gue cuma pengen bilang : STOP . Haduh, daripada sibuk demo dan nyela Pak Menteri sampai ke bawahan-bawahannya yang ngusulin UAN itu, mending belajar deh .
Gue tahu semua stres, pusing, deg-degan takut nggak lulus . Gue juga sangat pernah merasakan itu . ApalAgi sekarang mata pelajaran kelulusannya jadi 6 berikut standar dinaikin . Tapi, apa gunanya stres dan mengeluh terus ?

Apa dengan stres sampai kena typhus terus UAN jadi dihapus ? Nggak .
Apa dengan kita demo sampai harus nggak ikut KBM di sekolah terus UAN jadi hilang ? Nggak .
Apa dengan terus nyela pemerintah, terutama Mendiknas, terus UAN jadi gampang ? Nggak .

So, buat apa kita terus-terusan mengkritik ? Mendingan pake tuh waktu buat belajar . Biar nggak nyesel kaya gue . Gue lulus, tapi jujur hasilnya kurang memuaskan . Nggak bisa dibilang jelek, tapi banyak temen gue yang hasilnya lebih bagus dari gue . Nggak sedikit malah yang mencapai nilai sempurna .

Tahu kenapa gue beda ? Karena gue dulu sering mengeluh . And believe it or not, mengeluh akan mempengaruhi mental kamu saat belajar dan saat UAN . Dan gue telat, gue baru menyadari itu semua di akhir . Saat gue hampir mencapai finish line .

Jadi, buat adik-adikku di 2008, 2009 dan seterusnya, jangan pernah mengeluh terlalu sering . Oke lah sekali-kali mah, asal jangan terus-terusan . Kalian harus yakin bahwa ini semua adalah proses yang harus kalian jalani dan kalian akan bisa melewatinya . Bapak-bapak disana nggak sembarangan kok menciptakan sistem ujian kaya gini . Kekurangan pasti ada, karena kesempurnaan cuma milik-Nya . Tapi kita bisa membuat jadi lebih baik . Bener kan ??

Khusus buat 2008 . Sebagai angakatan pertama yang UAN-nya 6 mata pelajaran, saat kalian lulus nanti kalian bisa berjalan dengan kepala tegak dan rasa bangga karena kalian menang . Kalian mengalahkan kami, angkatan-angkatan diatas kalian yang UAN-nya CUMA 3 MATA PELAJARAN DENGAN STANDAR YANG LEBIH RENDAH !!

Okaiii ??? Kita adalah manusia-manusia pilihan, manusia-manusia terbaik yang cuma dibedakan oleh nasib . Semuanya udah ada yang ngatur . Tapi kita harus percaya, kita bisa bikin semuanya lebih ‘bersinar’ dari hari ini .

SEMANGATT !!!!

HIDUP INDONESIA !!!!

- pesan buat media : stop bikin berita-berita miring tentang UAN . Bikin pandangan orang tentang UAN makin jelek aja . dodol . -

0 comments:

Posting Komentar

rumah riisu © 2009. Design by :Template-Kis Sponsored by: Kiswanto