Minggu, 31 Agustus 2008

jeder ! duar ! BOOOM !

Belakangan ini emosi jiwa luar biasa . Di lapang depan rumah, tiap ba’da maghrib banyak anak kecil yang main petasan . Kalo petasan cabe rawit doang sih, it’s ok . Gue tahan . Tapi masalahnya, yang kali ini ‘nyanyi’ adalah petasan cabe gendot dan paprika ! Berisik banget . Gue kan sering nangkringnya di kamar depan, otomatis kalo tuh petasan-petasan uda bunyi : KAGET JEDANG-JEDUNG . Sekali lagi, kalo 4-5 kali bunyinya sih gue masih tolerir . INI BISA SAMPE 15 KALI . Edan . Gimana nggak turun nih level kesabaran ?!

Tapi dibalik semua itu, jadi timbul pertanyaan di otak yang kadang-kadang rada lebay ini : SIAPA YANG BIKIN TRADISI KALO DI BULAN PUASA ITU KUDU ADA BUNYI PETASAN ? Jujur, gue bilang orang ini rada aneh . Bikin tradisi yang sanggup memancing emosi jiwa, bukan yang bisa diterima dengan lapang dada oleh tiap-tiap umat manusia. *tuh kan lebay*

Gue suka dan pernah maen petasan, apalagi kalo rame-rame . Tapi, gue pikir seribu kali kalo harus pake petasan yang bunyinya segede alaihim . Nggak enak sama tetangga . Mana di komplek gue notabene penghuninya adalah oma-opa yang gue yakin jantung mereka bisa langsung dugem kalo denger bunyi petasan cabe gendot ini . Mending maen air mancur, roket mini atau kembang api . Roket mini kan suaranya ga begitu gede, uda gitu keluarnya kalo uda diatas . Lucu lagi, warna-warni . Lha si cabe gendot ini ? Sumpah mati menyebalkaaan .

Oh, balik lagi ke pertanyaan diatas .
SIAPA YANG BIKIN TRADISI KALO DI BULAN PUASA ITU KUDU ADA BUNYI PETASAN ?
Apa esensi *hmm .. jadi teringat seseorang* dari adanya tradisi petasan ini ?
Pemberitahuan buka puasa ? Nggak dong, secara ada adzan .
Pemberitahuan solat tarawih ? Sama . Ada adzan Isya sebelumnya .
Pemberitahuan selesai solat tarawih ? Mungkin juga . Yaahh, orang abis taraweh kan biasanya ngantuk . Untuk MEMBANGUNKAN jemaah yang uda mu ‘kelelep’, bisa jadi pake petasan ini . Tapi tetep aja nggak masuk akal kan ? Solat itu kudu khusyu, tenang . Emang kawinan betawi pake petasan ?
Atau mungkiin .. PERTANDA SAAT SAHUR TIBA ? Kalo iya .. jujur, ini cara membangunkan yang aneh . Orang lagi tidur kalo dikasih bunyi petasan kayanya nggak langsung ‘cring’ bangun deh . Bisa emosi jiwa malah . Atau salah-salah bisa jadi yang ada mikir kalo kompor gas tetangga sebelah meledak dan buru-buru nyari ember plus air sampe akhirnya lupa sahur . Haha .

Ah, pikiran yang aneh menjelang puasa nih . Tapi ya, kepada adik-adikku yang suka maen petasan di lapang depan rumah atau dimanapun .. kakak kasih tahu ya . Daripada duit hasil banting tulang orangtua kalian dipake buat beli petasan dan hasilnya bikin jantung orang dugem, mending tabung terus atau balikin ke mamanya buat beli elpiji atau minyak tanah . Kan sekarang lagi mahal . Betul toh ? Atau, kalo emang kalian anak-anak yang nggak mau rugi, simpen duitnya buat beli baju lebaran . Oh, buat baju lebaran uangnya beda lagi ? Harus lebih banyak ? mmh .. pinter yaa . *elus-elus kepala mereka lalu .. pletaaak !* .

hyahahahahhahaha .

0 comments:

Posting Komentar

rumah riisu © 2009. Design by :Template-Kis Sponsored by: Kiswanto