Minggu, 02 November 2008

f.b.w.l

Jadi Sodara-sodara, ceritanya wiken ini gue pergi Jakarta . Kan pas lebaran kemarin nggak sempet ngumpul-ngumpul ada keluarga yang disana, jadi baru sekarang deh . Setelah dianter si Pacar ampe stasiun, kereta cabut jam 12.55 . Emang telat 10 menit dari jadwal sih, tapi ya .. NAMANYA JUGA INDONESIA .

Setelah perjalan kurang lebih 3 setengah jam, akhirnya gue berdua Bapak nyampe juga di stasiun Gambir . Gue agak sedikit over-excited karena uda lama banget nggak nyentuh-nyentuh yang namanya stasiun Gambir . Nah, keluar dari Gambir gue lebih excited lagi . Kenapa ? KARENA GUE BAKAL NAIK BIS TRANSJAKARTA . Yap, saya ulangi wahai manusia . Saya tidak akan naik taksi, apalagi metromini ringsek atau kopaja butut . SAYA AKAN NAIK BIS TRANSJAKARTA a.k.a busway .

Sok . Katain gue norak, katain gue kampung, katain gue apapun . Tapi belum semua orang di Indonesia ini udah nyobain busway kan ? Ngaku ! HAHAHAHAHA . Jangan salahin gue kalo gue jingkrak-jingkrak .
Ok . Shelter busway ternyata deket banget dari pintu keluar . Jadi nggak udah jalan capek-capek . Ongkos murah-meriah . 3500 aja, sama kaya damri . Gue excited karena Bapak gue udah promosi gitu, pengalaman pas lebaran kemarin kan Bapak gue nyobain gitu . Katanya, nggak penuh-penuh banget . Kepadatan penumpang bener-bener dijaga sama petugas shelternya . Uda gitu, didalemnya kan ber-AC . Jadi mau sepanas apapun Jakarta, lu santai aja . Ngadem . Terus, nggak perlu khawatir kelamaan nunggu karena 5 menit sekali bakal muncul bis berikutnya . Ga bakal lama karena you semua tahu kan, bis tranjakarta ini punya jalur sendiri . Waw, gue bilang . Hebat banget ini bis, gimanaaa gitu rasanya .

Finally, setelah mengantri kira-kira 5 menit akhirnya gue naik juga ke bis transjakarta . Sebagai newcomer *halah* di dunia per-busway-an, gue langsung liat-liat sekeliling . Berusaha merekam segala sesuatu yang ada di dalem bis ini baik-baik . Hmm, pintu otomatis, AC, tempat duduk menyamping kaya di angkot, handle buat penumpang yang berdiri, supir berdasi dan dua petugas penjaga pintu . Bersih, sumpah . Penumpang yang keluar-masuk juga diatur dengan tertib . Bis nggak akan diisi sampe penuh banget . Kalo uda lumayan padat, penumpang yang mau masuk langsung distop . Pendek kata, gue salut lah sama si Bis Transjakarta ini . Rapi . Tertib . Murah-meriah . Nyaman . Bebas macet pula .

Cumaaa, rasanya kok gue tetep lebih cinta bis damri ya ? Ngg .. butut sih, kotor, ngantri, supir ama kondekturnya nggak berdasi, nggak bawa HT, macet, nggak ada shelter resmi, asepnya bau dan item, suka dempet-dempetan kaya pindang, malah suka bocor kalo ujan . Parah ? Yaa, bolehlah dibilang gitu .
Tapii, kalo boleh bilang, gue tetep lebih suka damri . Walaupun dempet-dempetan, gue ngerasa biasa aja . Kesenggol dikit, kegencet, orang nggak akan sampe melotot atau memandang aneh . Di busway tadi, gue nyenggol sedikit aja tatapannya gimanaa gitu . Antara aneh dan ‘aduh, jangan nyenggol” dong’ gitu . Uda gitu, supir damri yang biasa gue naikin juga nyetirnya ‘halus’ . Suka sih ngerem mendadak, tapi nggak bikin kita sampe ilang keseimbangan atau jeduk-jedukan kepala sama penumpang lain . Di busway tadi, nggak tahu gue lagi sial atau apa, 2 kali dapet supir yang cara nyetirnya masih kasar kalo gue bilang . Uda megang handle aja, masih suka jeduk-jedukan sama penumpang lain . Logikanya sih damri kan lebih butut, handlenya standar, jalurnya padat sama kendaraan lain, mestinya lebih bahaya buat yang berdiri kalo ngerem mendadak . Tapi ya itu tadi, faktanya damri lebih nyaman malah . Aneh ? Silahkan .

Terus, gue rada miris juga ngeliat lalu-lintas kota Jakarta . Ini bukan kali kedua atau ketiga gue ke Jakarta, tapi dari waktu ke waktu kayanya lalu-lintas Jakarta makin semrawut dan nggak tertib . Nyalip di jalur busway, metromini yang ngebut nggak nanggung-nanggung, orang yang nyebrang di jalur cepat, pengguna sepeda motor yang nggak berhelm, banyak deh . Di Bandung, sejauh yang gue liat, pengguna sepeda motor uda tertib . Dimana ada orang berani pergi naik motor tanpa helm ? Oke, mungkin sebagian dari mereka pake helm bukan murni karena mikir faktor keselamatan atau warga negara yang sangat patuh . Ada juga yang pake helm karena takut ditilang polisi . Tapi seenggaknya, mereka pake deh .

Sekarang di Jakarta, yang notabene lalu-lintasnya lebih ramai dan padat, yang potensi kecelakaannya lebih tinggi dan jumlah aparat yang (seharusnya) lebih banyak, eh .. malah banyak yang nggak tertib . Sedih deh . Mana tadi gue satu kereta sama bule . Malu kalo mereka liat kanan-kiri, and tarraaa .. yang tampak adalah kesemrawutan tata kota dan jalan di ibukota kita tercinta plus pemandangan kumuh penghuni rumah disamping rel kereta api .

Bandung juga punya banyak kekurangan . Banyak banget . Tapi setidaknya Bandung nggak terlalu sering bikin gue menghela nafas kecewa . Hehe .

For Bandung with love,
risma .

=)

0 comments:

Posting Komentar

rumah riisu © 2009. Design by :Template-Kis Sponsored by: Kiswanto